Lagi Tren, Ini Manfaat Lari Mundur untuk Kesehatan

Kamis, 24 Agustus 2017 - 15:20 WIB
Lagi Tren, Ini Manfaat Lari Mundur untuk Kesehatan
Lagi Tren, Ini Manfaat Lari Mundur untuk Kesehatan
A A A
JAKARTA - Lari mundur dipercaya memberikan banyak manfaat. Meski terdengar tak lazim, namun lari mundur diklaim lebih menyehatkan dibandingkan lari maju atau lari pada umumnya.

Head of Ethical Business Unit, Market Access & Communication Mundipharma Indonesia Antes E Prasetyo menjelaskan, lari mundur mampu memperkuat otot tanpa harus mencederai sendi, mengurangi tekanan pada sendi lutut, menajamkan pengelihatan, mengasah otak, hingga membantu dalam membentuk tubuh.

“Dengan 100 langkah berlari mundur setara dengan 1.000 langkah jalan maju. Bahkan, satu putaran dengan berlari mundur sama saja dengan enam kali keliling lapangan dengan lari ke depan. Mengurangi tekanan pada lutut, jadi melatih otot kalau kedepan ada hantaman,” papar Antes di Jakarta.

Bahkan pada kelompok lanjut usia, lari mundur bermanfaat untuk memperbaiki keseimbangan dan memperkuat panca indra lainnya. Menariknya, aktivitas ini pun bisa dilakukan oleh semua usia.

"Lari kebelakang itu bisa dilakukan walaupun abis ngalamin trauma atau jatuh. Pada usia lanjut bisa memperbaiki keseimbangan dan jalan dirumah disekitar RT aja. Keseimbangan dan panca indra itu karena lebih mendengar dan melihat dari bahaya dan jadi orang yang lebih hati-hati. Kalau dilakukan tiga kali seminggu, baik untuk keseimbangan," ujar Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI), Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp. PD-KHOM.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0322 seconds (0.1#10.140)